Senin, 19 September 2016

[Review] J-Movie: Solanin (2010)


Sepertinya aku benar-benar into ke J-Movie akhir-akhir ini. Masa dimana aku mulai bosan dengan K-Drama datang wkwkkwkwkw. Aku mulai menonton koleksi j-movie yang belum aku tonton dan mendownload beberapa yang membuat aku tertarik. Dan ternyata dari sekian banyak list, banyak yang belum ada sub-nya T__T
Padahal menarik banged dan aku suka tema-nya, tapi ternyata malah nggak ada subs. Sedih sekali ya kalo kita tertarik sama j-movie tapi pemainnya kurang populer secara internasional jadi sub-nya lama, ada beberapa yang dari tahun 2013 tapi belum di sub, padahal yang main Ai Hashimoto, huhuhuhuhu.


Karena bagaimana pun aku butuh subtitle untuk mengerti, jadi ya sabar aja hahahaha.

Oke, kali ini aku tertarik dengan J-Movie yang berjudul Solanin/ Soranin. Harusnya aku menonton movie ini sejak dahulu, tapi kok baru tertarik sekarang ya? LOL.
Dimulai saat aku mengecek director dibalik movie yang paling aku tunggu, Aozora Yell, yang ternyata sutradaranya adalah Takahiro Miki , sutradara yang sama dengan Hot Road, Ao Haru Ride, Control Tower, Bokura Ga Ita dan The Girl in The Sunny Place.
Aku sangat menyukai directing Takahiro Miki dan juga bagaimana ia menambah BGM di movie-nya, pokoknya menurut aku movie dia itu indah-indah XD
Nah, ternyata aku sudah menonton semua movie Takahiro Miki kecuali Solanin dan Have a Song on Your Lips (Aozora Yell dan Tomorrow I will Date with Yesterday's You belum rilis bluray-nya).

Jadi aku berfikir untuk menonton semua movie-nya. HAHHAHHAHAHA.
Aku sudah mendownload Have a Song on Your Lips, dan ada dalam list yang akan aku tonton, tapi entah kenapa aku malah tertarik menonton Solanin terlebuh dahulu, karena pemainnya adalah Aoi Miyazaki LOL.
Aku sudah mendengar movie ini sebelumnya dan aku belum tertarik menontonnya karena ini tentang musik / rock band, karena aku kurang klop dengan tema itu, makanya aku belum menontonnta. Tapi ternyata movie ini sangat indah huhuhuhuhuhu. Bagi kalian yang menyukai The Liar and His Lover, kalian akan menyukai Solanin.

Bagi sebagian orang, mungkin movie Takahiro Miki sedikit membosankan, karena alurnya cukup lambat. Tapi aku malah menyukainya dan menurutku itu tidak membosankan karena kita dimanjakan dengan pemandangan dan musik yang indah. Pokoknya Takahiro Miki jadi sutradara J-movie favorite aku, karena aku tidak terlalu suka dengan movie-movie yang ceritanya berat wkkwkwkwkw.

Oke, jadi Solanin ini tentang apa?

Solanin adalah movie pertama yang di sutradarai oleh Takahiro Miki pada tahun 2010. Dibintangi oleh Aoi Miyazaki (Heavenly Forest, Yellow Elephant) dan Kengo Kora (Beyond The Memories, Norwegian Wood), Solanin menceritakan tentang persahabatan 5 sekawan sejak masa kuliah dari sebuah band rock kampus bernama Rotti.

Meiko Inoue dan Naruo Taneda adalah sepasang kekasih yang bertemu saat masa kuliah mereka. Naruo adalah gitaris dan vokalis sebuah band bernama Rotti yang ia berntuk bersama dua temannya Jiro 'Billy' Yamada (drummer) dan Kenichi Kato (Bassis). Rotti terbentuk karena hobi mereka bertiga dan pada masa itu mereka sangat serius dan menghabiskan waktu bersama.

Tapi setelah mereka lulus, mereka mulai memasuki dunia orang dewasa, dimana mereka harus memikirkan masa depan mereka, langkah selanjutnya yang harus mereka buat, mereka bekerja seperti layaknya orang dewasa. Tapi mereka masih bersahabat, mereka akan bertemu 2 kali dalam sebulan untuk berlatih band dan berkumpul bersama mengenang masa kuliah mereka.

Meiko bekerja sebagai pegawai selama 2 tahun. Ai-chan bekerja di toko pakaian, Billy mengambil alih bisnis farmasi ayahnya, Naruo bekerja sambilan ini dan itu, sementara Kenichi menjalani hidupnya sebagai mahasiswa tingkat akhir yang belum lulus + bekerja sambilan di toko alat musik.

Tapi hidup tidaklah sempurna, ada masa dimana mereka bertanya-tanya apakah jalan yang mereka pilih sekarang benar, apakah mereka puas dengan apa yang mereka lakukan sekarang dan selalu, pertanyaan yang tidak meyakinkan pada diri sendiri, apakah benar apa yang mereka lakukan sekarang adalah yang mereka inginkan. Tapi meski begitu, hidup teruslah berjalan.

Meiko dan Naruo hidup bersama untuk menghemat biaya tanpa sepengetahuan orang tua Meiko. Pekerjaan sambilan Naruo mengharuskan ia berangkat sore dan pulang pagi, jadi begitu tiba di rumah Naruo hanya tidur karena kelelahan. Meski begitu hubungan Meiko dan Naruo baik-baik saja.
Suatu hari Meiko memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai pegawai kantoran karena ia merasa tidak cocok setelah Naruo menyetujuinya, meski ternyata Naruo saat itu ngelindur karena mengantuk. Memulai kehidupan bebas nya setelah sekian lama, Meiko sangat menikmatinya, ia menghabiskan waktu kesana kemari bertemu dengan teman-temannya.
Naruo sendiri merasa tidak yakin dengan masa depannya, apalagi setelah Meiko mengatakan padanya untuk menjadi serius pada sesuatu yang intinya jika kau yakin ini yang ingin kau lakukan, jangan setengah-setengah. Meiko tahu Naruo sangat menyukai musik, tapi takut musiknya di kritik karena itu mereka tidak pernah mengirimkan demo CD.

Pada akhirnya, Naruo menjadi serius, ia keluar dari pekerjaan paruh waktunya dan menciptakan lagu bersama yang lain. Meiko bagaimana pun mendukungnya. Menurutnya Naruo terlihat paling keren saat ia serius dengan musik. Dan saat itu lah tercipta lagu berjudul 'Solanin'. Mereka membuat CD demo dan mengirimnya ke berbagai perusahaan rekaman. Tapi sayang sekali, hanya sampai disana, tidak ada perusahaan yang memanggil mereka kecuali satu, dan itu pun bukan untuk membuat debut mereka, tapi ingin memakai musik mereka untuk debut seorang idol, yang di langsung di tolak oleh Meiko.

Mungkin setelah itu Naruo menjadi stress, itu lah yang dipikirkan oleh Meiko. Meski mereka terlihat baik-baik saja, mereka berkencan dan menghabiskan waktu bersama, tapi tiba-tiba Naruo meminta putus saat kencan mereka di perahu. Tapi tentu saja Meiko tidak mau dan mengingatkan Naruo kalau Naruo berjanji mereka akan terus bersama-sama selamanya dan jika mereka bersama mereka akan baik-baik saja. Pada akhirnya mereka berbaikan lagi. Keesokan harinya, Naruo pamit dan tidak pernah kembali.
5 hari berlalu, Meiko bahkan sakit dan tidak ingin makan apapun. Ia belihat lirik lagu solanin ciptaan Naruo dan menyadari kalau itu adalah lagu perpisahan.
Tapi Naruo kemudian menelpon dan mengatakan alasan ia tidak kembali karena ia kembali ke tempat kerja lamanya dan sepertinya ia akan serius kali ini. Ia mengatakan sampai jumpa di rumah pada Meiko. Tapi Naruo tidak pernah kembali.

Dua bulan berlalu sejak saat itu. Meiko hidup dalam kesepian. Ia tidak bisa melupakan Naruo dan selalu mengurung diri, membuat teman-temannya khawatir. Ia bahkan melukai diri sendiri.
Meski ia terlihat baik-baik saja diluar, saat ia bekerja atau berkumpul bersama yang lain, saat ia sendiri Meiko benar-benar terlihat terluka.
Suatu hari ayah Naruo datang mengambil barang puteranya di apartemen Meiko dan Meiko menemukan sebuah catatan dari Naruo sebelum kepergiannya. Dari sana Meiko menyadari kalau alasan Naruo pergi bukanlah kesalahannya, selama ini ia selalu menganggap semuanya salahnya. Seandainya ia tidak berhenti bekerja, seandainya ia tidak mengatakan apapun pada Naruo hari itu, seandainya mereka tidak bertemu dan tidak pacaran.

Meiko memulai halaman baru kehidupannya. Ia ingin berubah perlahan. Ia mengambil gitar milik Naruo dan mengajak Billy dan Kenichi untuk kembali menghidupkan Rotti. Ia ingin tampil di hadapan publik dan menyanyikan lagu ciptaan Naruo disebuah event yang sudah ia daftarkan. Meski awalnya mereka ragu karena Meiko tidak tahu apa-apa tentang gitar, tapi akhirnya mereka setuju.
Meiko mulai latihan bersama teman-temannya demi penampilannya menyanyikan lagu ciptaan Naruo.

Lalu bagaimana akhirnya?
Silakan tonton >_<

Selain tentang musik, Solanin lebih ke persahabatan. Aku sangat menyukai persahabatan mereka dan tersentuh. Mereka berlima bertemu saat kuliah dan 3 diantaranya membuat sebuah band. Sementara Meiko dan Ai bisa dibilang sebagai tim pendukung mereka. Mereka lulus dan bekerja, tapi mereka masih bersama-sama dan bertemu jika ada waktu luang. Mereka sangat dekat dan saling mempercayai. Meski menyakitkan kehilangan salah satu sahabat, meski mereka mengatakan mereka baik-baik saja, mereka terluka.

Aku sangat menyukai adegan saat Billy dan Meiko bersepeda ke tempat latihan. Billy bertanya apakah Meiko baik-baik saja sekarang dan Meiko menjawab ia merasa baik-baik saja sekarang. Billy mengatakan ia sama sekali tidak sedih dengan kepergiaan Naruo, tapi ia marah padanya karena benari meninggalkan mereka, meski begitu, ia tidak tahu kenapa ia tak bisa berhenti menangis.

Solanin / Soranin, aku awalnya bingung juga apa artinya. Aku pikir itu diambil dari 'Sora' yang berarti langit. Di awal cerita, Meiko membahas langit. Langit yang mereka lihat saat masa kuliah, saat itu sangatlah luas. aku rasa itu menggambarkan saat masa kuliah, kalian ingin melakukan banyak hal, merasa bebas dan menikmati setiap langkah yang kalian buat, punya mimpi yang besar juga, ingin ini dan itu. Tapi begitu memasuki masa dimana kalian terjun ke masyarakat, ada hal-hal yang menjadi pembatas dan merasa kalau kalian dibatasi.

Naruo memberi judul lagi ciptaannya 'solanin'. ada saat Meiko bertanya apa arti judul lagu itu dan Naruo menjawab 'racun kentang'. Well, Solanin memang nama racun pada kentang sih HAHAHHAHA.
Meiko mengatakan kalau itu lagu perpisahan, awalnya ia menyangka itu lagu perpisahan untuknya yang artinya Naruo memang ingin berpisah darinya.
Tapi lama kelamaan ia menyadari itu adalah lagu untuk perpisahan pada masalalu.
Naruo menulis itu untuk 'say goodbye' pada masa lalunya. Dan Meiko menyanyikan lagu itu untuk say goodbye pada masa lalunya juga.

Lagunya sangat bagus. Liriknya menyentuh. Aku tidak membayangkan aku akan menangis saat Meiko menyanyikan lagu terakhirnya, tapi ternyata aku menangis. Akting Aoi memang keren banged. Suaranya juga bagus. Dan aku bisa merasakan happy ending dalam kisah ini meski pada akhirnya ada satu yang hilang.

Aku sangat menyukai mereka memasukkan adegan flashback secara tiba-tiba dan kita tidak diberi peringatan kalau itu flashback. Aku hampir tertipu HAHHHAHAHA.
Dan movie ini diakhiri dengan bagaimana Meiko mulai move on. Ada saat dimana Naruo meyakinkan kalau mereka akan baik-baik saja selama bersama dan Meiko juga merasa ia akan baik-baik saja jika ia bersama dengan yang lain. Ia tak sendirian, ada sahabat-sahabatnya yang menyayangi dan mengkhawatirkannya.

SKOR (personal opinion ^^):

Story: 9/10
Opening: 8/10
Ending: 9/10
Akting: 9/10
Music: 9/10
Cinematography: 9/10

Share:

3 komentar:

  1. Review nya mbk ini. . Selalu deh bikin jiwa penasaran..

    BalasHapus
  2. filmnya baper, musiknya juga.
    lagu Solanin aslinya dinyanyikan oleh band rock Asian Kung-Fu Generation, yg dinyanyikan Aoi secara hebat di dalam film, liriknya dibuat oleh penulis Solanin sendiri yaitu Inio Asano. Closing film Solanin juga pake lagunya Asian Kung-Fu Generation yg judulnya Mustang.
    Waktu nonton film ini tuh aku berada di kondisi yg kurang lebih sama kyk Meiko, bingung sama tujuan hidup. Dan waktu itu aku nonton Solanin karna tau lagunya dari Asian Kung-Fu Generation. Jadi film ini bener2 sangat berkesan buat aku. Makasih udah bikin ulasannya.

    BalasHapus

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts